Wednesday 7 January 2015

Spot, Lokasi, Tempat Mancing Di Jogja Untuk Ikan Air Tawar

Tempat Mancing Di Jogja - Daerah Istimewa Jogjakarta merupakan sebuah daerah yang terdiri dari pegunungan, rawa, sungai, waduk, dan pantai. Hal ini membuat Jogja memiliki beberapa spot mancing yang bagus. Bagi anda yang gemar mancing baik dari luar jogja atau dari jogja sendiri namun masih bingung kira-kira dimana saja tempat mancing yang potensial, tenang saja karena kami akan berikan informasinya. Untuk kali ini kami akan mengulas tempat mancing air tawar yang ada di Jogjakarta. Untuk spot laut mungkin akan kami ulas di lain kesempatan. Berikut informasi selengkapnya

Spot Atau Tempat Mancing Air Tawar Di Jogja

1. Tambak Boyo

Jika anda ingin mencari tempat mancing yang tak jauh dari kota jogja disinilah tempatnya. Waduk tambak boyo terletak di kawasan Condong Catur, Sleman DIY dengan luas mencapai 7,8 hektar. Fungsinya utamanya adalah untuk cadangan air untuk PDAM. Namun dalam perkembanganya, waduk ini digunakan untuk sarana berekreasi, jogging hingga mancing. Ketika sore menjelang, anda akan menemui beberapa orang yang sudah membawa kail untuk memancing ikan di tambak boyo. Beberapa ikan yang ada disini diantaranya ikan nila, ikan bawal, ikan lele, ikan redslayer namun yang lebih dominan adalah ikan nila. Biasanay para pemancing disini menggunakan joran tegek dengan umpan lumut. Selain itu para pemancing biasanya menggunakan lebih dari 1 joran.

2. Jogja Adventure Zone

Spot mancing di Jogja selanjutnya adalah Jogja Adventure Zone yang terletak di dusun Pelem Lor, Banguntapan, Bantul atau dekat dengan Lanud Adisucipto. Lokasi mancing ini terdiri dari 2 kolam dengan luas masing-masing 200 meter persegi dan 9.000 meter persegi. Anda cukup membayar Rp 5 ribu sudah bisa memancing seharian. Selain kolam, ada juga wahana lain seperti paintball, camping ground, outbound dan lain-lain.

3. Sungai Opak
Jika ingin mencari lokasi mancing di Jogja yang lebih natural bisa di sungai opak atau yang lebih akrab disebut kali opak. Ikan yang ada di sungai opak ini beragam mulai dari ikan gabus, ikan lele, wader, nila dan lain sebagainya. Namun belakang populasinya berkurang karena ulah orang tak bertanggung jawab yang mencari ikan dengan cara "nyetrum" atau menggunakan aliran listrik serta menggunakan racun.

4. Sungai Kranduan Jogja
Tempat mancing ikan hampala di Jogja salah satunya adalah di Sungai kranduan. Menurut para pemancin disekitar lokasi, ikan hampala disini cukup besar. Anda bisa menggunakan teknik casting menggunakan ikan hidup sebagai umpanya.

5. Sungai Bedog
Di sepanjang sungai bedog merupakan spot mancing yang potensial. Banyak jenis ikan disini, yang paling dominan adalah bawal, nila dan wader. Kebanyakan para pemancing disini memancing di malam hari karena ikan akan keluar mencari makan. Lokasi yang paling favorit adalah di pertemuan antara sungai Progo dan Sungan Bedog yakni di Ngancar dusun Mangir kecamatan Pajangan Bantul. Tempatnya cukup nyaman karena disektiar sungai terdapat beberapa warung makan dan sekarang dikembangkan menjadi sebuah tempat wisata dengan wahana seperti flying fox.

6. Waduk Sermo

Waduk sermo merupakan tempat wisata sekaligus tempat mancing di kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Waduk yang memiliki luas mencapai 157 Ha ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat Kulon Progo. Memancing disini sangatlah menyenangkan karena pemandanganya sangat bagus dengan perbukitan hijau yang mengelilinginya. Beragam ikan yang ada di waduk sermo ini diantaranya Red Devil, Nila, Buso, Cucut dan lainya. Para pemancing disini biasanya menggunakan umpan cacing, jangkrik, dan udang. Selain itu umpan lumut juga digunakan untuk memancing ikan nila.

Itulah keenam Spot atau Tempat Mancing Di Jogja yang bisa anda kunjungi. Jika anda memancing bersama keluarga, lebih baik ke waduk sermo karena lokasinya yang sejuk dengan pepohonan yang ringan. Di sekitar waduk juga terdapat warung-warung makan dan gazebo untuk sekedar beristirahat. Baca juga spot mancing di Semarang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Spot, Lokasi, Tempat Mancing Di Jogja Untuk Ikan Air Tawar

0 comments:

Post a Comment